09 Juni 2013

Jelajah Candi di Gunung Gajahmungkur


Bentuk Gajah Gunung Gajahmungkur
Yang saya maksud dengan Gunung Gajahmungkur di sini bukanlah Gunung Gajahmungkur yang terletak di Jawa Tengah. Gunung Gajahmungkur yang saya maksud terletak di Jawa Timur, tepatnya di sisi utara Gunung Penanggungan, Ngoro, Mojokerto. Gunung ini berketinggian 1.084 mdpl dan masih satu kluster dengan Gunung Penanggungan. Bila dilihat dari sisi lain, misalnya Jl. Raya Pandaan atau Seloliman akan tampak sebuah bukit besar berbentuk gajah dengan kepala dan tubuh yang menghadap ke puncak Gunung Penanggungan dan “memungkuri” (membelakangi) kita.
Apa yang menarik? Banyak! Tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, Gajahmungkur juga memiliki peninggalan sejarah/ purbakala berupa candi-candi yang menyebar di segala sisinya. Candi-candi ini dalam perlindungan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Timur. Untuk candi-candi di area ini ada sekitar enam orang penjaga candi. Mereka adalah warga desa Kunjorowesi yang diangkat menjadi PNS dan bertugas untuk menjaga candi dari tangan-tangan usil pencuri, pengecekan rutin candi, membersihkan candi, melakukan penanaman bunga-bunga di sekitar candi, dsb. Salah satu penjaga candi yang sangat saya ingat ialah Pak Nimun. Dengan beliaulah kami mengeksplor candi-candi tersebut.
Waktu itu kira-kira awal September 2012. Kami berkunjung ke sana. Ada beberapa candi yang bisa kami temui dan akan saya sebutkan satu persatu di bawah. Tapi saya tidak akan menjelaskan tentang detail candi ataupun sejarahnya karena belum bisa diketahui secara pasti. Hanya saja candi-candi ini diperkirakan ada sejak akhir zaman Majapahit.

Candi Kerajaan
Candi yang reliefnya masih sangat indah. Namun, susunannya sudah tidak teratur karena ketika ditemukan, candi ini sudah berupa reruntuhan dan tertimbun tanah (kemungkinan bekas longsor). Yang menarik sebelum tiba di candi ini ialah kami melewati tangga dari batu yang ternyata adalah bekas susunan tangga dari masa lampau.




Candi Dharmawangsa
Susunan batu dan reliefnya juga sudah tidak beraturan. Entah bentuk aslinya seperti apa. Di sebelah kanan candi harusnya kita bisa melihat puncak Penanggungan. Hanya saja saat itu sedang tertutup kabut.



Candi Gajah
Dari puncak Gajahmungkur kami diajak potong kompas alias “mbrasak” (hehe) semak dan ranting untuk turun ke lokasi candi. Candinya bagus, bentuk gajah. Sayangnya sudah dicemari tangan usil pencuri. Huh!


Candi Wayang
Dari Candi Gajah kami turun ke Candi Wayang. Letaknya di lembah antara Gajahmungkur dan Penanggungan. Bentuknya seperti dinding dengan relief-relief yang indah, meskipun sudah ada pencuri dungu yang mencongkelnya. Huh!


Candi Kama IV
Letaknya di sebuah ceruk tebing yang tak begitu dalam. Lalu bagian depannya ditutupi dengan susunan batu gilang. Bagian dalamnya terbilang sempit. Pemandangan dari tempat ini bagus juga.



Candi Griya
Entah bentuk aslinya nya seperti apa. Yang pasti kini ia hanya berupa tumpukan batu-batu gilang kemudian dipagari tanaman.


Makam Mbah Lipah
Bentuknya berupa makam yang ditutup dengan kain putih. Entah siapa Mbah Lipah itu.



Situs Watu Jolang
Ada mitos yang mengatakan bahwa kalau gajah-gajah yang di Candi gajah itu haus, mereka akan mendatangi tempat ini untuk minum. Bentuknya memang seperti tempat air yang saat ini sudah ditutupi batu lain.

7 komentar:

  1. Saya suka sekali dengan apa yang tuliskan dalam artikel ini, saya pernah menjelajah ke sana sekitar tahun 2008 - 2009, dan menemukan sebuah meja (altar) lengkap dengan gentong yang terbuat dari batu andesit. Salah sejahtera buat anda.

    BalasHapus
  2. Artikel anda ini kami angkat kembali di BARU COBA (Bahana Rupa dan Corak Bangsaku). Salam persahabatan.

    BalasHapus
  3. Saya selalu merasa kesal dengan mereka yg doyang merusak situs bersejarah, pengen mukuli rasanya kalau ketemu mereka di sana.

    BalasHapus
  4. kapan naik lagi ke gajah mungkur ini bisa jadi alternatif lain disamping penanggungan

    BalasHapus
  5. pingin ksana rasany, minta kontak nya sis sapa tau bisa antar sy n trek bareng sy��

    BalasHapus
  6. 793B6B91, 082230077720 ni pin bb sy n no.tlp,,, salam kenal sblm nya saya pendaki baru (danie)

    BalasHapus
  7. Thank you, for appreciating the powerful supranatural enchantment of the temples. You could watch my short movie clip about Gedong Songo Temples, Ijo Temple, and Nandi Temple at :
    https://www.youtube.com/watch?v=bObFuYTzTYg
    or about The Aryans as ancient nation at :
    https://www.youtube.com/watch?v=LD56GmasDAo

    BalasHapus