08 November 2011

Kampung Bebek dan Telur Asin Kebonsari


Sejak SMA saya sering sekali main ke rumah sahabat saya di Desa Kebonsari, Candi. Tapi setelah sekian lama (sampai sekarang sekitar enam tahun) saya baru tahu kalau desa tersebut adalah desa peternak bebek dan penghasil telur asin atau sering disebut “Kampung Bebek dan Telur Asin”. Kelompok peternak bebeknya dinamai Sumberpangan dengan anggota 34 orang peternak dan dipimpin oleh Pak Nur Hidayat.
Mata saya terbuka gara-gara mendapat saran dari Pak Budi Sugiharto, Kepala detik.com biro Jawa Timur (detikSurabaya), untuk liputan di sana. O iya, saat ini saya sedang magang di detikSurabaya.
Hari ini (7/11) saya pergi ke desa tersebut sendirian. Walaupun sudah mendengar bahwa di sana banyak yang beternak bebek, saya masih belum tahu harus menuju ke rumah siapa dan di mana. Saya hanya mengikuti kemauan motor saya mau melaju ke mana. Dan singgahlah saya di rumah Pak Sulaiman yang di depan rumahnya terpampang banner bertuliskan “AGEN TELOR ASIN ADON JAYA”.
Jujur saya belum punya konsep pertanyaan untuk mewawancarai Pak Sulaiman. Tadinya saya hendak meliput pembuatan dodol jamur di Kampung Jamur, tapi karena masih musim kemarau mereka sedang tidak produksi jamur. Lalu saya langsung menuju ke Kebonsari. Alhasil saya agak gugup mau bertanya-tanya ke Pak Sulaiman. Untung saya dua orang karyawan Pak Sulaiman sangat ramah dan lucu, membuat suasana lebih nyaman.
Di sana saya hanya mengamati proses pemberian makanan, pencucian, dan pemilahan telur. Sebenarnya saya ingin menyaksikan proses pemeraman telur, tapi apa daya, bata merah halus yang sedang dijemur belum kering, jadi mereka belum bisa memeram telur. Akhirnya saya hanya mendapat penjelasan dari Pak Sulaiman dan istrinya tentang cara memproses telur sampai menjadi asin dan memiliki aneka rasa.
Menurut Bapak yang sudah beternak selama 15 tahun ini, pada dasarnya pembuatan telur asin aneka rasa sama dengan pembuatan telur asin biasa. Perbedaannya hanya pada pemasakan setelah dipanen dari proses pemeraman. Rasa yang ada pada telur tidak diperoleh dari bahan kimia ataupun injeksi (penyuntikan) ekstrak rasa-rasa. Rasa telur asinnya diperoleh dari proses pemasakan yang berbeda-beda. Sebagai contoh untuk telur rasa kepiting harus dimasak dengan cara diasap selama 12 jam, telur asin rasa udang dimasak dengan cara dioven selama 6-7 jam, dan terakhir rasa ikan salmon didapat dengan cara digoreng. Telur asin aneka rasa ini dijual dengan harga Rp2.000 per butir.
Saat ini Pak Sulaiman memiliki 1.500 ekor bebek dengan luas kandang mencapai 25x16 meter. Bebek-bebek ini mampu menghasilkan 1000 butir telur per hari. Karena itulah tidak salah jika Pak Sulaiman mengatakan bahwa omzetnya mencapai Rp200.000 per hari. Kok sedikit ya? Mungkin Pak Sulaiman salah hitung karena dia tidak menggunakan neraca keuangan. Jadi itu hanya jawaban perkiraan saja.
Kendala paling besar yang mereka hadapi adalah mahalnya harga pangan dan musim hujan. Menurut pengakuan  Pak Sulaiman, sudah dua tahun ini desa mereka selalu banjir jika hujan turun dengan lebat. Hal ini disinyalir karena adanya pendangkalan Kali Porong yang disebabkan pembuangan lumpur lapindo ke sungai tersebut. Debit air yang sangat banyak dari Kali Brantas akhirnya juga mengalir melalui sungai-sungai di sekitar Porong.
Bebek adalah salah satu hewan yang gampang stress dengan adanya perubahan cuaca, apalagi jika ditambah banjir dan petir. Bisa-bisa bebek tidak mau bertelur dan otomatis produksi telur asin pun menurun sampai 30%. Namun jika cuaca sudah stabil biasanya bebek pun kembali sehat dan bertelur lagi.
Syukurlah hal ini sudah diadukan ke pemda Sidoarjo. Sekarang permasalahan itu mulai ditangani dengan melakukan pengerukan di sungai-sungai untuk menghindari banjir.
“Jangan putus asa,” kata Pak Sulaiman saat saya bertanya apa rahasianya bisa bertahan selama belasan tahun.

(Senin, 7 November 2011)

9 komentar:

  1. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus
  2. saya juga berniat ke sana. main2. eh baca2 artikel banyak yg bilang pak sulaiman cs ramah. jd smgat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. pak Sulaiman ramh kok :)
      Dulu aku pernah nonton acara di Trans|7 tentang telor bebek juga ambil gambarnya di rumah pak Sulaiman

      Hapus
  3. saya minta tolong kirim no nya pak sulaiman di no ini 085655329051,,saya pengen belajar lebih jauh tentang beliau,,thx :)

    BalasHapus
  4. 5A8AA52E pak sulaiman memang orang nya ramahsabar saya karyawan adon jaya

    BalasHapus
  5. saya menjual bebk hidup umur 1 bulan harga 40.000
    contact 0821 1269 7406
    an : arifan

    BalasHapus